MEDIA HANDOUT
A. Handout
1.
Pengertian Handout
Handout berasal dari bahasa Inggris yang
berarti informasi, berita atau surat lembaran. Handout termasuk media cetak
yang meliputi bahan-bahan yang disediakan di atas kertas untuk pengajaran dan
informasi belajar. Biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki
relevansi dengan materi yang diajarkan/kompetensi dasar dan materi pokok yang
harus dikuasai oleh peserta didik.
Istilah Handout
memang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Handout biasanya merupakan
bahan ajar tertulis yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau
penjelasan dari guru.
Handout adalah bahan tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta didik.
Handout adalah bahan tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta didik.
2.
Bentuk Handout
Bentuk handout dapat bervasiasi,
diantaranya:
a.
Bentuk catatan
Handout ini menyajikan konsep-konsep,
prinsip, gagasan pokok tentang suatu topik yang akan dibahas.
b.
Bentuk diagram
Handout ini merupakan suatu bagan, sketsa
atau gambar, baik yang dilukis secara lengkap maupun yang belum lengkap.
c.
Bentuk catatan dan diagram
Handout ini
merupakan gabungan dari bentuk pertama dan kedua.
3.
Penyusunan Handout
Handout disusun atas dasar kompetensi dasar
yang harus dicapai oleh peserta didik. Dengan demikian maka penyusunan handout
harus diturunkan dari kurikulum. Handout biasanya merupakan bahan tertulis
tambahan yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dalam belajar untuk
mencapai kompetensinya.
Langkah-langkah menyusun Handout adalah
sebagai berikut:
a.
Melakukan analisis kurikulum
b.
Menentukan judul Handout,
disesuaikan dengan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan dipelajari
c.
Mengumpulkan referensi sebagai
bahan penulisan
d.
Menulis Handout dengan kalimat
yang singkat, padat, jelas
e.
Mengevaluasi hasil tulisan
dengan cara dibaca ulang untuk menemukan kemungkinan adanya
kekurangan-kekurangan
f.
Menggunakan berbagai sumber
belajar yang dapat memperkaya materi Handout misalnya buku, internet, majalah,
dan jurnal hasil penelitian.
4.
Karakteristik
a.
Karakteristik yang harus
dimiliki oleh handout adalah padat informasi dan dapat memberikan kerangka
pemikiran yang lebih utuh.
b.
Sebagai media pengajaran
penjelasan yang lebih rinci tentang isi handout masih harus diberikan oleh guru
yang mengadakan pembelajaran.
c.
Handout diberikan pada awal
atau sebelum pelajaran dimulai dan merupakan catatan tambahan bagi siswa.
5.
Kelebihan & Kekurangan Handout
Kelebihan media Handout dalam kegiatan
belajar mengajar diantaranya adalah:
a.
Dapat merangsang rasa ingin tahu
dalam mengikuti pelajaran
b.
Meningkatkan kreativitas siswa
dalam kegiatan belajar mengajar
c.
Memelihara kekonsistenan penyampaian
materi pelajaran dikelas oleh guru sesuai dengan perancangan pengajaran
d.
Dapat memperkenalkan informasi
atau teknologi baru
e.
Dapat memeriksa hasil
pembelajaran siswa
f.
Mendorong keberanian siswa
untuk berprestasi
g.
Dapat membantu pengetahuan
ingatan dan penyempurnaan.
Beberapa
kelebihan handout (Arsyad, 2000: 38):
a.
Siswa dapat belajar sesuai dengan
kecepatan masing – masing
b.
Disamping dapat mengulang
materi, siswa dapat mengikuti urutan pikiran secara logis
c.
Perpaduan teks dan gambar dapat
menambah daya tarik serta memperlancar pemahaman informasi yang disampaikan
d.
Lebih ekonomis dan mudah
terdistribusi
Kelemahan
handout sebagai media cetak (Arsyad, 2000: 38-39) adalah:
a.
Sulit menampilkan gerak dan
suara
b.
Bagian-bagian pelajaran harus
dirancang sedemikian rupa
c.
Cepat rusak atau hilang
d.
Umumnya kebehasilannya hanya
ditingkat kognitif
6.
Fungsi & Manfaat
a.
Fungsi handout sebagai pelengkap
materi ajar. Meskipun pelengkap, tidak berarti handout dapat dikembangkan
begitu saja. Ada rambu-rambu yang harus diikuti jika kita ingin
mendapatkan handout yang baik.
b.
Manfaat
utama handout adalah melengkapi kekurangan materi, baik materi yang
diberikan dalam buku teks maupun materi yang diberikan secara lisan. Handout dapat
berisi penjelasan singkat dan atau elaborasi tentang suatu materi bahasan,
menjelaskan kaitan antartopik, memberi pertanyaan dan kegiatan pada para
pembacanya, dan juga dapat memberikan umpan balik dan langkah tindak lanjut.
Sumber :
Alan. 2012. Lembar Kegiatan
Siswa. Didownload dari http://www.slideshare.net/alandonesyi/handout-lks pada hari Minggu, 8 September 2013
“LEMBAR
KERJA SISWA”. Artikel. Disampikan dalam acara Pembekalan guru daerah terluar,
terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta pada tanggal 26
Nopember-6 Desember 2011.
ReplyDelete11 Ciri Wirausahawan Sejati Kelas Dunia Yang Perlu Dipelajari.
PANDEMI ONLINE
www.centradiginiaga.site
Bisnis Online
Rajakarya Media
Seorang Warga Filipina Menggunakan Masker Berbahan Galon Plastik
Apa Itu Adsense
Cara Membuat Akun Google Adsense
PENGERTIAN PANDEMI CORONA
WIRAUSAHA
Terimakasih sangat membantu.. Bagus.. SUKSES TERUS
ReplyDeletehttps://mrdonztime.blogspot.com/
Cara Membuat Blog SEO Friendly/
Membuat blog yang SEO friendly tentu tidak mudah. Ada beberapa teknis yang cukup rumit untuk diaplikasikan sehingga blog dapat bagus dimata SERP (Search Engine).
Blog harus dioptimasi agar bagus dimata SEO karena blog dibaca oleh robot. Misal pada mesin pencarian google, struktur blog akan dibaca oleh googlebot.