MEDIA HANDOUT

A.    Handout
1.      Pengertian Handout
Handout berasal dari bahasa Inggris yang berarti informasi, berita atau surat lembaran. Handout termasuk media cetak yang meliputi bahan-bahan yang disediakan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi belajar. Biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan materi yang diajarkan/kompetensi dasar dan materi pokok yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Istilah Handout memang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Handout biasanya merupakan bahan ajar tertulis yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari guru.
Handout adalah bahan tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta didik.
2.      Bentuk Handout
Bentuk handout dapat bervasiasi, diantaranya:
a.       Bentuk catatan
Handout ini menyajikan konsep-konsep, prinsip, gagasan pokok tentang suatu topik yang akan dibahas.
b.      Bentuk diagram
Handout ini merupakan suatu bagan, sketsa atau gambar, baik yang dilukis secara lengkap maupun yang belum lengkap.
c.       Bentuk catatan dan diagram
Handout ini merupakan gabungan dari bentuk pertama dan kedua.
3.      Penyusunan Handout
Handout disusun atas dasar kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Dengan demikian maka penyusunan handout harus diturunkan dari kurikulum. Handout biasanya merupakan bahan tertulis tambahan yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dalam belajar untuk mencapai kompetensinya.
Langkah-langkah menyusun Handout adalah sebagai berikut:
a.       Melakukan analisis kurikulum
b.      Menentukan judul Handout, disesuaikan dengan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan dipelajari
c.       Mengumpulkan referensi sebagai bahan penulisan
d.      Menulis Handout dengan kalimat yang singkat, padat, jelas
e.       Mengevaluasi hasil tulisan dengan cara dibaca ulang untuk menemukan kemungkinan adanya kekurangan-kekurangan
f.       Menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi Handout misalnya buku, internet, majalah, dan jurnal hasil penelitian.
4.      Karakteristik
a.       Karakteristik yang harus dimiliki oleh handout adalah padat informasi dan dapat memberikan kerangka pemikiran yang lebih utuh.
b.      Sebagai media pengajaran penjelasan yang lebih rinci tentang isi handout masih harus diberikan oleh guru yang mengadakan pembelajaran.
c.      Handout diberikan pada awal atau sebelum pelajaran dimulai dan merupakan catatan tambahan bagi siswa.
5.      Kelebihan & Kekurangan Handout
Kelebihan media Handout dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah:
a.         Dapat merangsang rasa ingin tahu dalam mengikuti pelajaran
b.         Meningkatkan kreativitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar
c.         Memelihara kekonsistenan penyampaian materi pelajaran dikelas oleh guru sesuai dengan perancangan pengajaran
d.        Dapat memperkenalkan informasi atau teknologi baru
e.         Dapat memeriksa hasil pembelajaran siswa
f.          Mendorong keberanian siswa untuk berprestasi
g.         Dapat membantu pengetahuan ingatan dan penyempurnaan.
Beberapa kelebihan handout (Arsyad, 2000: 38):
a.         Siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan masing – masing
b.         Disamping dapat mengulang materi, siswa dapat mengikuti urutan pikiran secara logis
c.         Perpaduan teks dan gambar dapat menambah daya tarik serta memperlancar pemahaman informasi yang disampaikan
d.        Lebih ekonomis dan mudah terdistribusi
Kelemahan handout sebagai media cetak (Arsyad, 2000: 38-39) adalah:
a.       Sulit menampilkan gerak dan suara
b.      Bagian-bagian pelajaran harus dirancang sedemikian rupa
c.       Cepat rusak atau hilang
d.      Umumnya kebehasilannya hanya ditingkat kognitif
6.      Fungsi & Manfaat
a.       Fungsi handout sebagai pelengkap materi ajar. Meskipun pelengkap, tidak berarti handout dapat dikembangkan begitu saja. Ada rambu-rambu yang harus diikuti jika kita ingin mendapatkan handout yang baik.
b.      Manfaat utama handout adalah melengkapi kekurangan materi, baik materi yang diberikan dalam buku teks maupun materi yang diberikan secara lisan. Handout dapat berisi penjelasan singkat dan atau elaborasi tentang suatu materi bahasan, menjelaskan kaitan antartopik, memberi pertanyaan dan kegiatan pada para pembacanya, dan juga dapat memberikan umpan balik dan langkah tindak lanjut.

Sumber :
Alan. 2012. Lembar Kegiatan Siswa. Didownload dari http://www.slideshare.net/alandonesyi/handout-lks pada hari Minggu, 8 September 2013
“LEMBAR KERJA SISWA”. Artikel. Disampikan dalam acara Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta pada tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011.
 


Comments

  1. Terimakasih sangat membantu.. Bagus.. SUKSES TERUS

    https://mrdonztime.blogspot.com/

    Cara Membuat Blog SEO Friendly/

    Membuat blog yang SEO friendly tentu tidak mudah. Ada beberapa teknis yang cukup rumit untuk diaplikasikan sehingga blog dapat bagus dimata SERP (Search Engine).

    Blog harus dioptimasi agar bagus dimata SEO karena blog dibaca oleh robot. Misal pada mesin pencarian google, struktur blog akan dibaca oleh googlebot.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN PENDIDIKAN AL ISLAM KELAS 6 SEMESTER 2 BAB 1

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL

KONSEP DASAR BELAJAR, TEKNOLOGI, DAN MEDIA